Kamis, 08 Desember 2022

Lampu rem merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Fungsinya jelas memberikan informasi kepada pengendara atau pengguna jalan lain ...

Selain mempercatik tampilan mobil, Fungsi High Mount Stop Lamp di Belakang Mobil untuk Keselamatan

Lampu rem merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Fungsinya jelas memberikan informasi kepada pengendara atau pengguna jalan lain yang berada tepat di belakang mobil tersebut. Tapi kenapa harus ada high mount stop lamp, lampu berhenti yang posisinya di atas?

Selain mempercatik tampilan mobil, Fungsi High Mount Stop Lamp di Belakang Mobil  untuk Keselamatan


Di beberapa model mobil, lampu rem tidak hanya terletak di sisi kanan dan kiri, melainkan juga di atas tengah. Umumnya keberadaan lampu rem ketiga ini berada di atas pintu bagasi mobil atau menyatu dengan spoiler atap.

Tapi apa fungsinya ya, mengingat sudah ada dua lampu rem di masing-masing sisi? Apakah cuma aksesoris? Jawabannya tentu bukan. Seperti dua lampu rem yang terpasang di sisi kanan dan kiri, lampu rem ketiga yang kerap juga disebut High Mount Stop Lamp itu berperan untuk menjaga kesalamatan berkendara.

Dikutip dari laman Toyota Astra Motor, fitur tersebut berperan sebagai alat komunikasi dengan pengendara lain untuk membantu respons pengereman. Dengan begitu tabrak belakang bisa dihindari. Di beberapa negara lampu rem tambahan itu diwajibkan penggunaannya lantaran efektif meminimalisir tabrak belakang.
Selain mempercatik tampilan mobil, Fungsi High Mount Stop Lamp di Belakang Mobil  untuk Keselamatan


Menyoal posisinya yang terletak di atas dimaksudkan agar pengendara yang berada di belakang bisa melihat dari jauh. Utamanya bagi kendaraan dengan bodi lebih tinggi. Diharapkan dengan adanya lampu rem tambahan itu, pengendara di belakang bisa mengantisipasi untuk mengerem dari jarak jauh.

Meski terlihatnya sepele, nyatanya fitur ini cukup membantu. Pengendara di belakang memiliki waktu untuk merespons dan mengerem lebih baik. Sehingga tabrak belakang bisa dihindari. Nah jadi itu tadi fungsi dari High Mount Stop Lamp, jangan salah kira ya kalau ini bukan cuma aksesoris belaka melainkan punya fungsi yang lumayan penting.


Tidak ada komentar:

Bengkel Mobil
Perbaikan dan Perawatan

Bengkel Mobil<br>Perbaikan dan Perawatan